Rabu, 01 April 2009

KISAH SI ONIDUS DLL (Part 2)

Walaupun Si Wahab doyan belanja tapi dia cukup pemurah dan baik hati, kadang-kadang saya tertimpa keluhannya tentang peminjam uangnya yang banyak wanprestasi alias mogok sehingga ia pun mengikhlaskannya dan menjadikan mereka-mereka itu, maksudnya sipeminjam itu menjadi sahabatnya ERI-COMMUNICATOR: my and family. “daripada pusing mikirin piutang bang, ya ikhlaskan sajalah” timpal Si Wahab dengan wajah memelas. Dari daftar piutangnya ternyata ada juga nama Si Onidus, Wahab 2 si baby romeo dan sontoloyo kijang sang maestro batu petir ditangki minyak Motor Smash Ajaib.
Onidus lagi, lagi dan lagi memang onidus payahnya banyak tapi tetap dia terus berkembang dan tumbuh maju seperti moto bank daerah terkemuka tempat periuk nasinya yaitu the sprit to grow empathy and action, tak henti-hentinya dia berbuat dari rutin nonton televisi di Metro Chanel setiap Minggu Senin malam mendengarkan Si Super Mario Teguh, buka warung didepan salah satu sekolahan jual makanan kecil, jual mie goreng, jual es putri malam tah apalah namanya, berubah lagi berkebun cabe di keliling rumah orang tuanya, sempat juga hampir buka counter Hp namun gagal, jual ikan basah dengan membuat warung didepan rumah mertua dan pemasok krupuk ikan ke batam, terakhir saya dengar dia buka baby shop di kota Dabo.
Si Onidus memang pemberani, sebagian watak pengusaha sukses sudah diresapnya bisa dibilang suatu saat Si Onidus akan menjadi entrepreniur muda singkep yang sukses.
Suatu malam saya berbincang-bincang dengan Si Onidus yang kala itu lagi dinas malam tentang niatnya untuk mengambil atau melanjutkan angsuran motor tarikan kredit yang menunggak. “Gai mane pendapat abang?” kata Si Onidus. Wah bingung juga saya, dilihat dari sisi Si Onidus itu suatu kebutuhan tapi apa tak keberatan nantinya Si Onidus masalahnya ini jadi beban tambahan buat dia, lagi pula Si Onidus baru saja memiliki anak yang berumur beberapa bulan yang sedang lucu-lucunya menyusui dan selalu berbagi dengan Si Onidus sedangkan dari sisi bank perbaikan NPL. Saya tanya untuk apa nambah motor bukankah sudah ada Si Kaisar Mocin sipit tapi gelap, “itu nanti untuk operasional usaha ikan saye bang, meluncur ke pengambil (salah satu daerah nelayan dan pelabuhan kargo) tapi kalau saye berhalangan dinas pagi bisalah saye gaji orang (biasanya Si Onidus minta bantuan Si Alem Sarang Tawon Cucu Atok Gunung Muncung yang ahli dalam membantu para petinggi instansi ataupun perusahaan kalau hendak pindah dari Dabo), dan motor yang baru ini nanti buat saye pergi kerje serta untuk mobilitas orang rumah bang” jawab Onidus dengan logat bahasa keren melayu Dabo dan diiringi tangannya yang menyeka air liur yang jatuh tak terbendung dari mulutnya waktu itu, yang rupa-rupanya Si Onidus sariawan lagi. Saya coba sarankan pada Onidus, boleh-boleh saja dilanjutkan angsuran motor itu tetapi dengan syarat ia benar-benar konsisten agar bisa lebih produktif untuk menutupi tambahan kewajiban bulanannya.
Singkat cerita semua berjalan sepertimana yang diharapkan Si Onidus,motor bertambah, bisnis lancar rumah tangga aman tentram, makan kenyang berak lancar (istilah Si Kopral bergaji Jendral calon anggota dewan terhormat kabupaten lingga tahun 2014) dan Si Onidus hari ke hari, waktu ke waktu semakin spirit to grow.
Ada mitos yang tak disengaja santer terdengar dilingkungan kantor siap-siap kalau Si Onidus dinas pagi biasanya ada saja masalah yang akan timbul, dan mitos itu sendiri juga diakui Si Onidus. Diantaranya kejadian yang boleh dibilang masalah itu terjadi sekitar tahun awal tahun 2007 Si Onidus dinas pagi waktu itu masuk bekerja sepertimana biasa ………………….(bersambung)

Read More..

1 komentar:

the beauty of riau mengatakan...

Memang onidus anak manusia yg luar biasa,takjub dg apa yg ia lakuka, si jenderal onidus ini bisa disejajarkan dg letjen sintong panjaitan yg sekarang lg heboh dg bukunya. Sukses selalu buat onidus dan epi cool. Salam dari negeri seberang daratan riau yg kaya akan sumber alam tp miskin sdm yg kreatif,lihat onidus kreatif